How To : Mengatasi Error Install NET Framework 4 (HRESULT 0xc8000222)

Setiap installasi software terkadang membutuhkan yang namanya NET. Framework, entah itu langsung terinstall saat instalasi, atau harus mengunduhnya secara manual. Perlu diketahui, Microsoft NET. Framework merupakan software yang bekerja sebagai pelengkap sebuah perangkat lunak yang membutuhkan coding khusus tanpa membutuhkan memory RAM ekstra saat bekerja pada perangkat lunak tersebut.

Jika kamu melakukan instalasi NET Framework secara terpisah dan ada masalah saat instalasi. Umumnya error tersebut berupa HRESULT 0xc8000222. Screenshotnya seperti ini :


Error tersebut dikarenakan Windows Update dalam keadaan On, sehingga terjadi tabrakan lalulintas sistem (lebay :D) ... Nah, disini saya akan menjelaskan cara mengatasinya beserta gambar agar lebih jelas. :

PERTAMA. Buka Command Promp (cmd). Bagi anda yang tidak tau, caranya Klik Start > All Programs > Accessories. Disana ada Command Prompt. Klik kanan > Run as administrator. Mengapa harus Run as Administrator? karena CMD melalui ini akan otomatis dibuka di system32, tidak di folder User. INGAT!! Jika ada peringatan muncul, tekan OK/Yes.

Step 1
KEDUA. Setelah Command Prompt terbuka, ketik "net stop WuAuServ" (tanpa tanda kutip). Untuk jelasnya, lihat gambar dibawah (Step 2.1). Lalu tekan ENTER, maka terjadi hal berikut (Step 2.2). Setelah itu kita lakukan Step berikutnya. INGAT! CMD JANGAN DI-CLOSE. CUKUP DI MINIMIZE SAJA.


Step 2.1
Step 2.2
KETIGA. Tekan Windows+R secara bersamaan, maka muncul toolbox Run. Ketik "%windir%" (tanpa tanda kutip), lalu OK. Maka otomatis terbuka Windows Explorer di folder C:\Windows.

Step 3
KEEMPAT. Cari folder SoftwareDistribution. Jika ketemu folder tersebut, ubahlah nama foldernya terserah anda, contohnya saya mengubahnya menjadi SDold.

Step 4
KELIMA. Buat lagi folder yang serupa namanya, "Software Distribution" (tanpa tanda kutip). Oh ya, biar cepat membuat foldernya, tinggal tekan saja Ctrl+Shift+N. INGAT, setiap dialog User Account Control muncul (yang gambar perisai biru kuning), tekan OK/Yes saja. :)

Step 5
KEENAM. Kembali lagi ke Command Prompt tadi. Ketik lagi "net start WuAuServ" (tanpa tanda kutip). Maka Windows Update service akan berjalan kembali. Dan silahkan install kembali NET Framework nya seperti biasa, Insya Allah kembali normal, karena saya sudah sering mengalami hal seperti itu setelah install ulang Windows dan ternyata berhasil.

Step 6

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat bagi kalian dan tutorial ini berjalan lancar di PC kamu! :) Untuk komentar saya persilahkan :D

No comments:

Post a Comment