How To : Mengatasi File Exe yang Mengarah Ke Sebuah Program

Penampakannya seperti ini
Kejadian ini ketika ane pas masuk Lab Multimedia di sekolah ane yang tercinta :D duduk di depan komputer, cuus dinyalain. Wah, ane kaget banget (alay), semua program yang ada terkena virus, yaitu semua aplikasi *.exe terbuka hanya untuk software tertentu, ane waktu itu kasusnya adalah Ms. Word 2007. Semua ane buka aplikasi-aplikasi, percuma aja, kebukanya malah Word.

Memutuskan untuk searching di Google adalah hal utama ane kalo ada masalah di PC. Alhamdulillah, sebuah website luar negeri (emang bisa gitu translate inggrisnya? :v), menjelaskan secara rinci cara mengatasinya. Katanya, itu bisa terjadi karena virus atau bug (kesalahan) pada sistem operasi Vista atau 7. Untuk mengatasi hal tersebut, di web tersebut disediakan 2 pilihan, pertama yaitu copas script untuk registry atau kedua cara manual. Berhubung ane orangnya kepo, ane lebih ke cara manual, karena ane juga pengen tau selukbeluknya seperti apa :D

Ane langsung jelasin aja langsung bagaimana cara mengatasi kesalahan pada EXE ini secara cepat beserta gambarnya, biar lebih faham nih kalian :D

PERTAMA. Tekan Windows + R, lalu ketik "regedit" (tanpa kutip). Lalu tekan Enter. Jika ada peringatan, maka tekan OK/Yes saja. Maka muncul aplikasi Registry Editor. 

Step 1
KEDUA. Arahkan ke direktori :

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.lnk

Lalu klik tanda "+" pada sub-key ".lnk"

Step 2
KETIGA. Jika ditemukan key "UserChoice", hapus saja dengan cara Klik kanan > Delete. Lalu tutup Registy Editor, dan cobalah restart.

Step 3

Sekian tutorial dari ane, semoga bisa jalan tutorial ini di PC kamu yg bermasalah. :) Untuk saran atau kritik, atau ada suatu masalah silakan tinggalkan komentar ;)

No comments:

Post a Comment