How To : Menyembunyikan & Blok Akses Folder Tanpa Software di Windows 7

Seseorang pasti memiliki dokumen penting yang tidak mau semua orang tau isinya. Karena tertarik, saya searching kebanyakan menggunakan software tambahan. Ya sudah, daripada kuota modem habis, mending ngulik aja dari laptop saya sendiri. Alhasil, folder bisa saya kunci tanpa menggunakan software, cukup dengan bantuan OS Windows 7 :D

Cara ini memang punya kelebihan, yaitu tak perlu software tambahan dan melarang akses apapun terhadap isi dalam foldernya (sudah saya buktikan). Namun, perlu diperhatikan, bagi yang sudah tau trik ini, maka folder kamu bisa saja dibobol. Kalau mau cari aman, ya mending pake software bantuan. Saya lupa lagi nama sofware nya apa :D tanya aja ke Mbah Gugel :p

Okay, disini saya jelaskan step-step untuk menyembunyikan folder dan melarang akses dari siapapun TANPA SOFTWARE BANTUAN.

PERTAMA. Pilih folder yang akan disembunyikan dan diblok aksesnya. Saya disini hanya menggunakan folder kosong saja sebagai media screenshot. :)

KEDUA. Klik kanan folder tersebut > Properties. Maka muncul kotak dialog. Pada tab General, beri tanda centang pada box "Hidden". Lalu tekan Apply. Jika muncul kotak peringatan, klik saja Yes/OK. Proses hidden file berjalan
Step 2

KETIGA. Foldernya sudah tersembunyi. Tinggal kita tampilkan dan blok aksesnya. Cara untuk menampilkannya, klik Organize (di sudut kiri atas) > Folder and search options.


Step 3

KEEMPAT. Buka tab View. Lalu klik pada "Show hidden files, folders and drives", dan tekan Apply/OK.

Step 4
KELIMA. Setelah muncul beberapa folder yang tersembunyi, klik kanan kembali folder yang tadi akan diblok aksesnya > Properties.


Step 5
KEENAM. Buka tab Security, lalu tekan tombol Edit.


Step 6

KETUJUH.  Muncul tab baru PERMISSION for "namafolder". Yang kamu harus lakukan adalah memberi tanda centang pada Deny - Full Control (otomatis semua diberi checklist) pada tiap pilihan yang ada di Group and user names (umumnya Authenticated Users, SYSTEM, Administrator, dan User). Jika selesai, tinggal klik OK, dan klik OK lagi. INGAT! JIKA MUNCUL PERINGATAN, OK/YES.

Step 7
KEDELAPAN. Ulang pada step ketiga dan keempat, dan beri tanda pada  "Don't show hidden files, folders or drives" (step ini untuk jaga-jaga agar kerahasiaan folder tetap terjaga)

Coba kamu buka folder tersebut (untuk mencobanya, jangan dulu ke Step 8). Bagaimanapun caranya, untuk akses masuk ke folder tersebut tidak bisa meskipun ada UAC muncul.

Bagaimana jika kamu akan masuk ke folder tersebut? Cukup ikuti petunjuk Ketujuh, dan lakukan klik Remove pada setiap pilihan di Group and user names seperti cara sebelumnya, dan tekan OK/Yes. :D
Sekian cara-cara dari saya PC Tutorial, semoga tutorial ini berjalan lancar di laptop/PC kamu :D Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan :)

No comments:

Post a Comment